PERAYAAN HARI KARTINI DI SMAN 9 MALANG


SMita Acitya NAlar Wagadi

OUR VISION "Terwujudnya INSAN yang RELIGIUS, BerKARAKTER UNGGUL, BerBUDAYA LINGKUNGAN, dan BerDAYA SAING GLOBAL"

PERAYAAN HARI KARTINI DI SMAN 9 MALANG

Kamis, 26 April 2018 11:20:57 - oleh : admin

SMANAWA EXHIBITION TALENT DAN UPACARA HARI KARTINI

DALAM PERINGATAN HARI KARTINI DI SMA NEGERI 9 MALANG


 

Peringatan Hari Kartini di SMAN 9 Malang terasa sangat istimewa tahun ini. Beberapa rangkaian kegiatan mewarnai perayaan Hari Kartini tahun ini. Dimulai pada tanggal 23 April dilaksakan Upacara Hari Kartini dengan petugas Upacara para Ibu Guru SMA Negeri 9 Malang. Bertindak sebagai pembina Upacara adalah Ibu Ellya Ruslina,M.Pd. Kemudian pada tanggal 26 April 2018 juga diselenggarakan Smanawa Exhibition Talent, yang menjadi ajang kreasi para siswa SMA Negeri 9 Malang dalam perayaan Hari Kartini kali ini.

 

 

Rangkaian acara dimulai pada hari Senin tanggal 23 April 2018, SMA Negeri 9 Malang menyelenggarakan Upacara untuk memperingati Hari Kartini. Guru dan seluruh siswa SMAN 9 Malang memperingati Hari Kartini di sekolah dengan Ibu Elya Ruslina,M.Pd selaku pembina upacara. Upacara kali ini terasa unik, karena seluruh petugas upacara kali ini adalah ibu guru SMAN 9 Malang. Petugas pembawa teks Pancasila : Ibu Purwanti,M.Pd, Pemimpin Upacara Ibu Dra Endang P, pemimpin pleton Ibu Ruri,S.Pd, Ibu Wiwin Setyorini,M.Pd.  Ibu Elya Ruslina selaku pembina Upacara  mengatakan hari Kartini kita peringati adalah sebagai penghormatan atas wujud perjuangan kaum perempuan, simbol persamaan gender, emansipasi wanita. Kartini ada sebagai pahlawan, bukan dengan tindakan kekerasan,  demi memperjuangkan kebenaran yang dipercayainya.

 

 

Beberapa dekade setelah beliau meninggal, pergerakan wanita semakin terasa dan membawa dampak luar biasa. Saat ini, melihat kaum perempuan berada di posisi kepemimpinan bukanlah hal yang begitu tabu lagi, meskipun adat ketimuran yang bangsa ini punyai juga tidak punah, Jadi sebenarnya apa makna hari Kartini sebenarnya? Apakah bajunya? Kadang kita lupa akan makna dari hal-hal yang kita peringati. Padahal negara ini bisa lahir dan terus tumbuh dan berkembang akibat momentum-momentum bersejarah imbuh beliau.

 

Bapak Chusnul Irfandi,S.Pd selaku Wakil Kepala SMAN 9 Malang sekaligus sebagai penanggung jawab pelaksanaan kegiatan ini menjelaskan bahwa hari Kartini yang kita peringati ditahun 2018 ini sengaja disusun seapik mungkin yaitu dengan dirangkai Smanawa Exhibition Talent (SET) pada tanggal 26 April 2018. Kegiatan ini  untuk menjaring bakat di SMAN 9 Malang. Berbagai perlombaan yang dipertandingkan antar kelas. Para guru dan siswa menggunakan baju adat  yang ada di Indonesia terutama kebaya.

Semoga momentum ini bisa membuat rasa nasionalisme Keluarga besar Smanawa akan tumbuh dan berkembang, untuk menyegarkan semangat kita dalam membangun bangsa ini.


Bravo Smanawa

 


kirim ke teman | versi cetak

Berita "Berita Terkini" Lainnya