IMCO 5 - ISLAMIC FESTIVAL COMPETITION SMA NEGERI 9 MALANG 10 AGUSTUS 2018


SMita Acitya NAlar Wagadi

OUR VISION "Terwujudnya INSAN yang RELIGIUS, BerKARAKTER UNGGUL, BerBUDAYA LINGKUNGAN, dan BerDAYA SAING GLOBAL"

IMCO 5 - ISLAMIC FESTIVAL COMPETITION SMA NEGERI 9 MALANG 10 AGUSTUS 2018

Selasa, 14 Agustus 2018 09:54:49 - oleh : admin

 


PENYELENGGARAAN IMCO 5 

ISLAMIC FESTIVAL COMPETITION


 

Pada hari kamis tanggal 9 Agustus 2018, kemarin, ada yang berbeda di SMA Negeri 9 Malang (SMANAWA).  Pada hari itu berlangsung acara akbar bertajuk Islamic Festival and Competition (IMCO) 5. IMCO tahun ini adalah memasuki tahun kelima penyelenggaraan dimana, tahun ini juga berbarengan dengan Ulang Tahun ke-25 Smanawa, IMCO makin digelar dengan meriah dan megah. Terlihat dari antusiasme para calon peserta dan peserta yang ingin berpartisipasi di ajang ini untuk memperebutkan piala bergilir Walikota Malang.

 

 

 

Awalnya panitia penyelenggara yang terdiri dari para siswa BDI dan Tahfidz bekerja sama dengan OSIS SMA Negeri 9 Malang, hanya menargetkan sebanyak 450 peserta yang berpartisipasi di IMCO tahun ini. Namun, ternyata animo peminat lomba ini sangat besar. Menurut data dari panitia, gelaran IMCO kelima tersebut menampung sebanyak 480 siswa. Bahkan masih banyak calon peserta yang memaksa mendaftar kendati registrasi pendaftaran sudah resmi ditutup mulai kemarin.

 

 

 

Ketua Panitia IMCO 5, Kurnia Noerhidayati mengungkapkan bahwa ajang ini digunakan sebagai alat untuk memotivasi dan membangkitkan semangat generasi Qurani.

 

“Tujuannya untuk membangkitkan semangat generasi Qurani. Karena sekarang kalau berkaca pada keadaan sosial saat ini, para siswa mulai kehilangan sisi keagamaan masing-masing atau karena terpengaruh pergaulan. Maka dari itu kita menyelenggarakan lomba dengan hadiah besar supaya memotivasi mereka untuk tidak menghilangkan karakter Islamnya,” beber Kurnia yang juga masih menjadi siswa kelas 12 ini.

 

IMCO 5 memperlombakan berbagai kategori lomba. Enam kategori itu adalah adzan, dai, tafidz, MTQ, kaligrafi, dan cerdas cermat. Ajang perlombaan ini ditujukan untuk diikuti oleh siswa-siswi SMP dan MTs se-Malang Raya.

 

Dikatakan oleh Kurnia bahwa IMCO menyediakan hadiah bagi juara 1, 2, dan 3 di setiap kategori. Di ajang perlombaan ini, jawara tidak dibedakan berdasarkan gender.

 

Wakahumas SMANAWA, Bapak Iskandar,S.Ag mengapresiasi dan mendukung penuh hajatan milik ekstrakuliker BDI SMAN 9 ini. Dikatakan oleh Iskandar bahwa IMCO adalah acara terakbar dan paling bergengsi dari  Badan Dakwah Islam (BDI) SMANAWA.

 

Lomba ini sekaligus ajang promosi kepada para peserta yang merupakan peserta didik SMP dan MTs untuk menunjukkan bagaimana kondisi dan wajah SMAN 9 Malang. Kesempatan SMAN 9 Malang untuk memamerkan program-progam unggulan SMAN 9 Malang.

 

“Kami mengundang mereka untuk memperlihatkan bagaimana kondisi sekolah (SMAN 9 Malang) kami. Ini kesempatan kami untuj juga memperkenalkan program-program unggulan sekolah kita. Sekalian promosi gitu, ya,” ucap Bapak Iskandar,S. Ag

 

Bagi para peserta yang menjuarai IMCO, akan diprioritaskan sebagai siswa berprestasi apabila memutuskan untuk  memilih melanjutkan pendidikan di SMAN 9 Malang. Tidak hanya diprioritaskan, para jawara IMCO yang nantinya mendaftar di SMANAWA akan mendapatkan beasiswa bebas SPP dan bebas SDIP.

 

Ditemui di lokasi lomba, salah seorang guru pembina dari SMPN 1 Malang Ahmad Syahrul Munir, S.Pd mengatakan bahwa lomba IMCO kali ini sudah berkembang dari tahun ke tahun. Dirinya mengaku IMCO 5 kali ini sudah dipersiapkan secara matang.

 

“Dibandingkan SMA-SMA yang lain, penyelenggaraan acara ini paling besar dan paling meriah,” ujar pria lulusan Pendidikan Bahasa Arab Universitas Negeri Malang ini.

 

Sumber Malang Today.net

 

Bravo Smanawa

 


 

 

 

kirim ke teman | versi cetak

Berita "Berita Terkini" Lainnya