SINAU SOSIAL 2018 SMANAWA DI DESA PANDANSARI KECAMATAN PONCOKUSUMO KABUPATEN MALANG


SMita Acitya NAlar Wagadi

OUR VISION "Terwujudnya INSAN yang RELIGIUS, BerKARAKTER UNGGUL, BerBUDAYA LINGKUNGAN, dan BerDAYA SAING GLOBAL"

SINAU SOSIAL 2018 SMANAWA DI DESA PANDANSARI KECAMATAN PONCOKUSUMO KABUPATEN MALANG

Rabu, 21 November 2018 14:13:31 - oleh : admin


KEGIATAN SINAU SOSIAL SMA NEGERI 9 MALANG

DI DESA PANDANSARI KECAMATAN PONCOKUSUMO KABUPATEN MALANG

16 - 18 NOVEMBER 2018


 

Pada tanggal 16-18 November 2018, SMA Negeri 9 Malang menyelenggarakan kegiatan sinau sosial yang merupakan agenda tahunan Smanawa. Kegiatan yang berupa bedol desa ke Desa Pandansari Tumpang, kabupaten Malang ini diikuti oleh seluruh bapak/ibu guru dan karyawan serta para siswa kelas X dan XI SMA Negeri 9 Malang, termasuk bapak Kepala SMA Negeri 9 Malang, yaitu Dr Abdul Tedy, M.Pd. Sinau sosial yang dilaksanakan tahun ini bertujuan untuk memberikan penguatan pendidikan karakter bagi siswa SMAN 9 Malang yang sesuai dengan visi dan misi sekolah, untuk menciptakan generasi yang berbudi pekerti luhur, religius, kompeten, dan memiliki kepedulian sosial terhadap sesama. Para siswa diwajibkan menginap di induk semang dan melakukan aktifitas membantu kegiatan sehari-hari induk semangnya, sehingga nantinya para siswa akan memperoleh pendidikan yang tidak hanya dari bangku sekolah saja, tetapi juga dari lingkungan masyarakat secara nyata dan langsung.

 

 

Hari pertama, jumat 16 November 2018 rombongan siswa Smanawa berangkat dari SMAN 9 Malang pada pukul 07.00 WIB dengan mengendarai angkutan yang disewa oleh SMAN 9 Malang. Rombongan tiba di desa Pandansari Tumpang pada pukul 09.00 WIB. Kegiatan diawali dengan orientasi awal dan koordinasi para siswa dengan panitia sinau sosial untuk menentukan lokasi menginap para siswa dan guru SMAN 9 Malang. Pembukaan dilaksanakan pada pukul 09.00. Setelah itu para siswa menuju homestay untuk berkenalan dengan induk semang yang ditempatinya. Setelah sholat jumat, pada sore hari para siswa melaksanakan Bakti TPQ dan observasi kemasyarakatan di balai desa dengan didampingi OSIS dan pengurus BDI Smanawa.

 

 

Pada hari kedua, sabtu tanggal 17 November 2018 kegiatan dimulai dengan sholat subuh berjamaah, kemudian dilanjutkan pada pagi hari sampai siang hari demo ekskul di sekolah-sekolah sekitar. Setelah ishoma, kegiatan dilanjutkan dengan kegiatan sambang potensi desa sampai dengan pukul 15.00 WIB. Setelah itu pada sore hari diselenggarakan petandingan sepak bola persahabatan antara tim sepak bola siswa Smanawa dan tim karang taruna desa setempat. Pada malam hari para siswa dan guru SMAN 9 Malang mengikuti pengajian umum memperingari Maulud Nabi Muhammad SAW.

 

 

Hari terakhir, Minggu 18 November 2018, seluruh rombongan mengikuti acara penutupan sekaligus berpamitan dengan induk semangnya masing-masing.

Semoga dengan kegiatan sinau sosial ini akan lahir generasi Smanawa yang religius, berbudi pekerti luhur, kompeten, dan memiliki sikap kepedulian sosial yang tinggi.

 

Bravo smanawa


 

 

kirim ke teman | versi cetak

Berita "Berita Terkini" Lainnya