MENGATASI UPGRADE PHP DI SERVER KITA


SMita Acitya NAlar Wagadi

OUR VISION "Terwujudnya INSAN yang RELIGIUS, BerKARAKTER UNGGUL, BerBUDAYA LINGKUNGAN, dan BerDAYA SAING GLOBAL"

MENGATASI UPGRADE PHP DI SERVER KITA

Jum`at, 13 September 2019 09:27:10 - oleh : admin

 

 

 

Anda sepertinya kehilangan ekstensi MySQL yang dibutuhkan oleh WordPress jika instalasi Wordpress sampeyan menggunakan native Bahasa Indonesia.


Hal ini terjadi dikarenakan modul MySQL sampeyan tidak ter-load.


Kok bisa? padahal setelah cek wp-config.php dimana setting database name, database username dan database password udah benar dan tepat, bahkan sampai meng-upload ulang wp-config.php yang baru bahkan CMS baru yg di download langsung dari sources release archive Wordpress.org, sedangkan kondisi server up-time nggak ada masalah atau bahkan website lain yang berada pada server yang sama bahkan setting-an yang sama juga nggak ada permasalahan alias semuanya baik² saja.


Tenang, sampeyan nggak perlu khawatir, saya akan berbagi cara mengatasinya.


Login pada webpanel dashboard website sampeyan yang biasanya salah kaprah menjadi cPanel karena biasanya dan kebanyakan menggunakan shared hosting yang memang memiliki atau menggunakan cPanel, padahal ada banyak sekali webpanel seperti Kloxo, Webuzo by Softaculous dan masih banyak lagi. Akan agak ribet jika sampeyan menggunakan VPS unmanage non-panel alias semuanya menggunakan command via SSH :P


Setelah login di cPanel sampeyan, maksud saya webpanel, kemudian cari pilihan menu Select PHP Version.



Lalu ubah versi PHP sampeyan. Misalnya ke 5.6 atau ke yang lebih rendah dari versi PHP yang sedang berjalan saat ini.



Biasanya dan kebanyakan kejadian Error MySQL Your PHP installation appears to be missing the MySQL extension which is required by WordPress dikarenakan versi PHP yang di pilih terlalu tinggi sehingga tidak kompatibel dengan versi Wordpress yang sedang digunakan.


Yang perlu diketahui bahwa pada versi WordPress 4.1.x menuntut versi PHP 7.x, beberapa script atau plugins yang menggunakan PHP versi dibawahnya akan sering terjadi error, tidak berjalan, bahkan nggak jarang kita temukan error-log yang membesar dari hari-ke-hari. Dan ini juga harus diimbangi dengan versi SQL yang berjalan pada server yang kita gunakan, kalo nggak imbang ya jadinya pincang antara versi WordPress yang berjalan, versi PHP dan versi MySQL yang terinstall pada server kita.


Shared Hosting biasanya nggak terlalu memperhatikan khususnya pada bagian versi MySQL yang berjalan dan digunakan. Jadi solusi termudah untuk menghindari masalah ini muncul adalah; kurangi kebiasaan rajin² untuk mengupdate versi WordPress :P saya bahkan sampai hari ini sangat setia dengan WordPress versi 3.x - 3.8.


Untuk menghindari auto-update WordPress dan theme serta plugins juga sangat mudah, tinggal tambahkan script dibawah ini pada file wp-config.php


define( WP_AUTO_UPDATE_CORE, false );

define( AUTOMATIC_UPDATER_DISABLED, true );

kirim ke teman | versi cetak

Berita "Komputer Dan Internet" Lainnya