SINAU SOSIAL 2019 SMA NEGERI 9 MALANG


SMita Acitya NAlar Wagadi

OUR VISION "Terwujudnya INSAN yang RELIGIUS, BerKARAKTER UNGGUL, BerBUDAYA LINGKUNGAN, dan BerDAYA SAING GLOBAL"

SINAU SOSIAL 2019 SMA NEGERI 9 MALANG

Jum`at, 1 November 2019 10:15:54 - oleh : admin

SINAU SOSIAL 2019

SMA NEGERI 9 MALANG


Desa Bocek - Karangploso Kabupaten Malang

31 Oktober - 2 November 2019

 

Sebagai implementasi program tahunan sekolah sekaligus penguatan pendidikan karakter di sekolah, maka pada tanggal 31 Oktober – 2 November 2019 SMA Negeri 9 Malang melaksanakan kegiatan Sinau Sosial. Kegiatan ini berupa aktifitas bedol desa yang diikuti oleh seluruh siswa SMA Negeri 9 Malang kelas X. Pada tahun ini lokasi yang dipilih adalah Desa Bocek, Kecamatan Karangploso, Kabupaten Malang. Para siswa kelas X dengan didampingi 17 orang guru pendamping tinggal dan bersosialisasi dengan masyarakat desa Bocek selama 3 hari. Mereka menginap di rumah warga dan melakukan kegiatan yang merupakan rutinitas masyarakat setempat, mulai dari kegiatan ibadah, wirausaha masyarakat setempat, dan kerja bakti bersih desa. 

 

 

Sinau Sosial adalah kegiatan yang melibatkan siswa-siswi SMA Negeri 9 Malang untuk terjun secara langsung dan menimba pengalaman bersosialisasi dengan masyarakat desa. Kegiatan Sinau Sosial dilaksanakan selama 3 hari di desa yang jauh dari kota dimana di sana siswa-siswi akan menginap di rumah-rumah warga. Mereka  dituntut untuk berinteraksi dengan masyarakat dan mengikuti berbagai aktivitas yang dilakukan oleh keluarga yang ditempati siswa. Diadakan pula kegiatan lain seperti khotmil qur’an dimushola-mushola sekitar desa hingga kegiatan pentas seni yang dilakukan di lapangan. 

 

 

Latar belakang dilaksanakannya kegiatan Sinau Sosial adalah diperlukannya suatu kegiatan berbasis pendidikan karakter bagi siswa dengan melibatkan siswa untuk terjun secara langsung ke lingkungan yang masih terdapat kearifan-kearifan lokal. Dengan adanya kegiatan ini maka diharapkan untuk menjadi suatu proses penyadaran kembali kepada konsep-konsep tersebut. Pendidikan karakter sangat penting bagi kehidupan peserta didik. Hal tersebut berkaitan dengan pembentukan karakter peserta didik sehingga mampu bersaing, beretika, bermoral, sopan santun dan berinteraksi dengan masyarakat. Sinau sosial adalah suatu program sekolah yang merupakan bentuk perwujudan kepedulian terhadap sesama, serta sarana belajar untuk menghadapi dan mensyukuri hidup yang diberi oleh Tuhan Yang Maha Esa. Selain itu, sinau sosial adalah suatu kegiatan berbagi dengan sesama, yaitu setiap peserta didik harus bersikap saling peduli, memahami, dan merasakan bahwa manusia tidak dapat hidup sendiri. Kegiatan ini bertujuan untuk saling berbagi, peduli terhadap orang lain, dan dapat menerapkan ilmu yang diperoleh di sekolah dengan kehidupan sesungguhnya. Agar kegiatan tersebut dapat berjalan sesuai tujuan.

Semoga akan muncul jiwa dan mental pemimpin yang kompeten, religius, dan berbudi pekerti lahir dari civitas akademika SMA Negeri 9 Malang

 

 

Bravo smanawa

 


kirim ke teman | versi cetak

Berita "Berita Terkini" Lainnya