PESANTREN RAMADHAN ONLINE SMAN 9 MALANG 1441


SMita Acitya NAlar Wagadi

OUR VISION "Terwujudnya INSAN yang RELIGIUS, BerKARAKTER UNGGUL, BerBUDAYA LINGKUNGAN, dan BerDAYA SAING GLOBAL"

PESANTREN RAMADHAN ONLINE SMAN 9 MALANG 1441

Selasa, 5 Mei 2020 09:46:16 - oleh : admin


PESANTREN RAMADHAN ONLINE SMAN 9 MALANG 1441

Dikarenakan adanya pandemik covid-19, segala aktivitas pembelajaran dilaksanakan di rumah masing-masing siswa. Di bulan Ramadhan ini, SMAN 9 Malang tetap melaksanakan kegiatan rutin setiap tahun yaitu kegiatan Pesantren Ramadhan. Namun, dikarenakan segala kegiatan harus dilaksanakan di rumah masing-masing, maka panitia Pesantren Ramadhan SMAN 9 Malang tahun ini membuat kegiatan secara online agar siswa SMAN 9 Malang tetap mendapatkan ilmu agama meskipun siswa berada di rumah. Adapun jenis-jenis Kegiatan Pesantren Ramadhan SMAN 9 Malang Online, antara lain:

 

1.    Kegiatan Utama Ramadhan

Kegiatan utama ramadhan adalah serangkaian kegiatan ramadhan yang akan dilakukan selama ramadhan berlangsung hingga akhir ramadhan, kegiatan utama ramadhan tersebut meliputi beberapa kegiatan sebagai berikut :

a.    Pemantauan Sholat dan Ibadah berbasis online

Kegiatan amal ibadah ini merupakan hal yang paling umum dilakukan umat islam, meskipun sifat sholat tarawih sunnah, namun dengan senantiasa memperbanyak sholat tarawih kita pahala kebaikan yang kita dapat akan berkali-kali lipat dari pahala sholat sunnah biasa yang kita lakukan pada bulan lain.

b.    Khotmil Al-Qur’an berbasis online

Kegiatan ini tilawah al-qur’an ini akan dilakukan setiap hari dengan pembagian, untuk waktu tilawahnya dibebaskan dalam sehari semalam

c.    Materi Keislamaan dan Evaluasi berbasis online

Adapun materi yang kita berikan ini bersifat wajib untuk semua siswa-siswi kelas X dan XI. Diantaranya; materi sholat, thoharoh, zakat, puasa dan keputrian yang langsung dihandle oleh GPAI SMAN 9 Malang melalui media youtobe.

 

2. Agenda Kajian Untuk Menambah Wawasan Agama

Agenda Kajian yang sifatnya sunnah ini merupakan kegiatan yang sangat bermanfaat bagi umat islam, karena dengan adanya kajian memberikan pengetahuan tambahan bagi masyarakat tentang ilmu agama, sehingga masyarakat bisa mengamalkannya untukmendapatkan lebih banyak amalan-amalan kebaikan atau sebagainya, agenda kajian tersebut meliputi beberapa rincian agenda sebagai berikut.

a.    Kultum menjelang berbuka

Kultum atau biasa dikenal dengan nama kuliah tujuh menit dilaksanan ketika menjelang berbuka puasa pada jam 15.45 wib dilaksanakan secara live di instagram SMAN 9 Malang, adapun asatidz/asatidzah yang memberkan materi pada kesempatan kultum ini adalah Pak Sapilin, Pak Hamim, Pak Iskandar, Pak Sumikan, Pak Fahmi dan Bu Mufidah.

b.    Kegiatan Pengajian Nuzulul Qur’an online

Nuzulul Qur’an adalah kegiatan mini talkshow tentang hikmah turunnya Al-Qur’an yang dilakukan oleh GPAI SMAN 9 Malang, kegiatan ini merupakan agenda yang sangat penting bagi civitas akademika SMAN 9 Malang.


 

kirim ke teman | versi cetak

Berita "Berita Terkini" Lainnya