PELATIHAN E-LEARNING MANAGEMENT SYSTEM PLATFORM E-FRONT DAN UPLOAD MATERI PEMBELAJARAN SEMESTER S


SMita Acitya NAlar Wagadi

OUR VISION "Terwujudnya INSAN yang RELIGIUS, BerKARAKTER UNGGUL, BerBUDAYA LINGKUNGAN, dan BerDAYA SAING GLOBAL"

PELATIHAN E-LEARNING MANAGEMENT SYSTEM PLATFORM E-FRONT DAN UPLOAD MATERI PEMBELAJARAN SEMESTER S

Rabu, 30 Desember 2020 15:26:56 - oleh : admin

PELATIHAN E-LEARNING MANAGEMENT SYSTEM  PLATFORM E-FRONT DAN UPLOAD MATERI PEMBELAJARAN SEMESTER SMA NEGERI 9 MALANG

Senin, 28 Desember 2020. Kembali SMA Negeri  9 Malang mengadakan workshop pengoprasian E-FRONT yang merupakan domain web pembelajaran sebagai tindak lanjut dari workshop-workshop sebelumnya tentang pengembangan kompetensi guru dan penguasaan media pembelajaran berbasis online. Acara ini dilaksanakan dalam dua sesi, guna mengantisipasi berkumpulnya banyak orang juga mematuhi protokol kesehatan pada masa pandemi.

Acara ini dibuka oleh ibu kepala sekolah Dra. Sri Setyawati, M.Pd, beliau menyampaikan garis besar acara yang akan dilakukan bersama evaluasi dari kegiatan sebelumnya terkait pembaharuan system pembelajaran online pada E-FRONT web sehingga penting untuk melaksanakan kegiatan workshop. “semoga kita sehat dengan memperhatikan protokol kesehatan dalam kegiatan-kegiatan yang kita lakukan” tutup beliau dalam sambutannya.

Merujuk dari kegiatan pembelajaran secara online pada massa ini, dapat digaris bawahi beberapa permasalahan. Pembaharuan yang pertama dibahas dalam workshop ini ialah sistem penjadwalan tiap mata pelajaran dimana guru diberi keleluasaan dalam menambah kelas jika waktu yang ditentukan kurang dengan catatan diluar jam wajib KBM yaitu waktu semua pelajaran sudah diselesaikan.

Perubahan yang kedua ialah guru selain bertugas menyampaikan materi menggunakan media yang ada juga bertugas untuk merekap absen siswa tiap jam pelajaran tersebut. Hal ini ditujukan agar guru dapat mengontrol dan mengawasi siswa dalam hal kehadiran, sehingga guru dapat melakukan  komunikasi terhadap siswa dan dan tau keadaaan dari siswa yang diajar.

 

Kegiatan ini dilakukan selama 3 hari terhitung dari tanggal 28 sampai dengan30 desember 2020. Sesi tatap muka dilakukan pada hari senin, sedangkan hari selasa dan rabu dilakukan dengan cara WFH dalam bentuk mempersiapkan materi dan proses penguploadan materi sehingga pada tanggal 4 januari 2021 nanti konten pembelajaran untuk siswa sudah siap digunakan.

Pada intinya dengan mempelajari kesalahan dan kekurangan dari proses e-learning saat ini sistem E-FRONT sebagai media pembelajran di SMA Negeri 9 Malang akan terus dikembangkan sehingga dapat memenuhi kebutuhan belajar siswa.

 

SMANAWA CHANNEL

DUKUNG TERUS YA..

LINK SEKOLAH