PEMBAGIAN RAPOT SEMESTER GANJIL SMAN 9 MALANG 2020-2021


SMita Acitya NAlar Wagadi

OUR VISION "Terwujudnya INSAN yang RELIGIUS, BerKARAKTER UNGGUL, BerBUDAYA LINGKUNGAN, dan BerDAYA SAING GLOBAL"

PEMBAGIAN RAPOT SEMESTER GANJIL SMAN 9 MALANG 2020-2021

Minggu, 24 Januari 2021 14:16:31 - oleh : admin

Bersamaan dimulainya pergantian tahun dari 2020 ke 2021, berakhir pula kegiatan pembelajaran pada semester ganjil dengan dilakukannya proses pembagian rapot hasil belajar siswa pada jumat minggu lalu. Rapot siswa dibagikan kepada orang tua atau keluarga yang bertanggung jawab pada siswa oleh wali kelas. Hal ini dilakukan dengan tujuan agar orang tua Mengetahui perkembangan anaknya sehingga dapat membantu anaknya belajar, memotivasi untuk meningkatkan hasil belajar.

Pembagian rapot hasil belajar siswa ini merupakan feedback penilaian dari guru untuk mengetahui kekuatan dan kelemahan siswa dalam satu kelas. Hasil penilaian harus dapat mendorong guru agar mengajar lebih baik, dan membantu guru untuk menentukan strategi mengajar yang lebih tepat.

Seperti yang tercantum pada pasal 25 (4) Peraturan Pemerintah Nomor 19 tahun 2005 tentang Standar Nasional Pendidikan menjelaskan bahwa kompetensi lulusan mencakup sikap, pengetahuan, dan keterampilan. Ini berarti bahwa pembelajaran dan penilaian harus mengembangkan kompetensi peserta didik yang berhubungan dengan ranah afektif (sikap), kognitif (pengetahuan), dan psikomotor (keterampilan) (baca Penilaian Psikomotorik.  Melalui raport wali kelas dapat mengetahui kekuatan dan kelemahan siswa dalam kelas yang diampunya wali kelas dapat menentukan strategi dalam pengelolaan kelas yang menjadi tanggung jawabnya misalnya dengan menata ulang pengaturan tempat duduk, pembagian anggota kelompok belajar dan langkah strategis lainnya untuk membantu siswa meningkatkan kompetensi siswa atau membantu mengatasi kesulitan blajar siswa yang lemah.

Selain pembagian rapot SMA N 9 Malang juga melakukan konsultasi untuk kelas XII. Konsultasi ini diberikan oleh guru BK terhadap perkembangan siswa dibidang akademis juga psikologis siswa. Sosialisasi tentang penerimaan mahasiswa baru, penyusunan strategi belajar dan peran orang tua dalam proses pembelajaran daring juga menjadi topic yang disampaikan. Semua dilakukan dengan harapan siswa mendapatkan hasil yang maksimal kedepannya sehingga dapat meraih cita-citanya.

 

SMANAWA CHANNEL

DUKUNG TERUS YA..

LINK SEKOLAH