Penerimaan Program Mahasiswa PPL sastra jerman Universitas Negeri Malang


SMita Acitya NAlar Wagadi

OUR VISION "Terwujudnya INSAN yang RELIGIUS, BerKARAKTER UNGGUL, BerBUDAYA LINGKUNGAN, dan BerDAYA SAING GLOBAL"

Penerimaan Program Mahasiswa PPL sastra jerman Universitas Negeri Malang

Minggu, 21 Maret 2021 09:13:26 - oleh : admin

Penerimaan Program Mahasiswa PPL sastra jerman

Universitas Negeri Malang

Jumat, 19 maret 2021, SMA Negeri 9 Malang kembali menerima mahasiswa Universitas Negeri Malang jurusan sastra jerman yang akan melakukan program PPL. Kepala sekolah, ibu Dra. Sri Setyawati, M.Pd,  menerima mahasiswa magang jurusan bahasa jerman yang diantarkan oleh ketua jurusan SastraJerman Bapak Dr. Edy Hidayat, S.Pd,M.Hum dan Sekretaris Jurusan Sastra Jerman ibu Dr. Dewi Kartika Ardiyani, S.Pd, M.Pd. Program PPL sendiri merupakan salah satu kegiatan dari DIKTI sebagai usaha memerdekakan belajar.

Profesi guru adalah profesi yang kompleks dan menantang. Di samping harus kompeten dan menguasai bidang  ilmu  pengetahuan  yang  digeluti, guru  juga  dituntut  harus  mampu  kreatif, inovatif, serta inspiratif ketika mengajar di kelas.

Ketika  berada  di  dalam  kelas,  Guru  diibaratkan  sebagai  pedagang  yang  hendak  menjajakan "barang  dagangan"  kepada  para  pembeli.  Calon  pembelinya  adalah  siswa-siswi  dan  "barang dagangannya"  adalah  ilmu  pengetahuan  yang  akan  diajarkannya.  Karena itu  guru  harus mampu  mengajar  dengan  baik  serta  mampu  mengolah  kreatifitas  sehingga  siswa  tertarik mengikuti dan menerima pengajaran dari sang guru.
Memang ini menjadi tugas berat bagi para guru. Guru harus mampu memberikan pengajaran yang terbaik bagi murid-muridnya. Disinilah Proses pembelajaran yang kreatif, inovatif serta inspiratif menjadi penting untuk mendorong kreativitas siswa dan menghasilkan pertumbuhan karakter yang baik. Tapi  tentu  tidak  mudah  untuk  menjadi  professional.  Proses  pembentukannya  juga  tidak instan.  Apalagi  selain  mengajar,  guru  juga  memiliki  tuntutan  kurikulum  serta  tugas-tugas administratif lainnya.

sehingga Untuk memperkuat jati diri calon pendidik dan untuk membentuk kesiapan sebagai calon pendidik, maka mahasiswa Program Sarjana Pendidikan diberikan program pemagangan di sekolah yang disebut dengan Praktik Pengalaman Lapangan (PPL). Praktik Pengalaman Lapangan merupakan proses pengamatan/observasi dan pemagangan yang dilakukan mahasiswa Program Sarjana Pendidikan untuk mempelajari aspek pembelajaran dan pengelolaan pendidikan di satuan pendidikan.

Tujuan dari PPL itu adalah untuk melatih mahasiswa atau calon guru agar memiliki kemampuan memperagakan kinerja dalam situasi nyata dalam kegiatan belajar mengajar maupun tugas-tugas keguruan lainnya. Secara khusus tujuan PPL adalah: mengenal lingkungan fisik dan non fisik administratif, akademik dan sosial-psikologis) sekolah, memiliki penguasaan berbagai keterampilan dasar mengajar, menerapkan berbagai kemampuan profesional keguruan secara utuh dan terpadu dalam situas nyata, mengembangkan kompetensi pembelajaran bidang studi yang menjadi spesialisasinya.

 

kirim ke teman | versi cetak

Berita "Berita Terkini" Lainnya