125 SISWA SMAN 9 MALANG DITERIMA MASUK UNIVERSITAS NEGRI JALUR SNMPTN


SMita Acitya NAlar Wagadi

OUR VISION "Terwujudnya INSAN yang RELIGIUS, BerKARAKTER UNGGUL, BerBUDAYA LINGKUNGAN, dan BerDAYA SAING GLOBAL"

125 SISWA SMAN 9 MALANG DITERIMA MASUK UNIVERSITAS NEGRI JALUR SNMPTN

Kamis, 8 April 2021 05:35:54 - oleh : admin

Prestasi membanggakan kembali berhasil diraih oleh siswa-siswi SMAN 9 Malang pada proses seleksi Penerimaan Mahasiswa Perguruan Tinggi Negeri (SNMPTN) tahun pelajaran 2020/2021. serupa dengan alamat SMAN 9 Malang yang bertepat di jalan Puncak Borobudur no.1, kali ini SMAN 9 Malang  berhasil menghantarkan siswa-siswi menjadi no. di kota Malang.

Kepala SMAN 9 Malang menjelaskan dengan batasan 40% siswa yang di bolehkan untuk ikut dalam seleksi, tercatat sebanyak 125 siswa diterima masuk perguruan tinggi negeri, baik jawa timur hingga sumatra utara. kampus-kampus favorit seperti Universitas Brawijaya, Universitas Negeri Malang, maupun Universitas Gadjah mada tidak luput terlewatkan.

Pilihan jurusan penting sekali diperhatikan dalam proses mengikuti seleksi SNMPTN. Jika sebuah jurusan ramai peminat, maka akan susah juga bersaingnya. Jurusan yang biasanya ramai peminat antara lain Teknik Informatika, Teknik Sipil, Ilmu Hukum, Ilmu Kedokteran, Teknik Elektro, Teknik Mesin, Akuntansi, Manajemen Pemasaran, dan jurusan popular lainnya.

Selain nilai di atas rapor, prestasi siswa juga menjadi faktor penentu masuk SNMPTN. Prestasi tersebut dibagi dua, yakni prestasi akademik dan prestasi non-akademik. Yang dimaksud dengan prestasi akademik adalah kecakapan, kemampuan dan prestasi dalam sekolah atau lembaga formal yang didapatkan dari sebuah proses belajar dari waktu ke waktu. Sedangkan prestasi non-akademik adalah kecakapan, kemampuan, dan prestasi diluar dari lembaga (non-formal) atau sekolah. Contoh dari prestasi akademik adalah: Juara olimpiade di bidang studi. Misalnya juara Olimpiade Ilmu Pengetahuan Alam (IPA) atau juara Olimpiade Olimpiade Sains Nasional (OSN).


rapor adalah hal penting yang menjadi penentu seseorang lolos SNMPTN atau tidak. Rapor adalah buku yang selalu diterima oleh siswa di pergantian semester baru.  Buku rapor juga bisa disebut sebagai prestasi belajar akademik. Di dalam buku rapor ada nilai akademis siswa saat proses belajar. Nilai rapor ini merupakan hasil kumpulan nilai mata pelajaran dari setiap siswa yang isinya laporan nilai selama satu semester. Rapor sangat penting bagi siswa. Tidak hanya bagi panitia seleksi SNMPTN, rapor sangat penting juga bagi siswa. Rapor bisa dijadikan oleh siswa setiap waktu untuk memotivasi untuk belajar. Dengan melihat angka rapor setiap semester, siswa akan memiliki semangat untuk mendapatkan nilai yang lebih baik dan membanggakan.  Jika punya semangat, akan mudah untuk menjaga konsistensi nilai.


Harapan kedepan jumlah peserta didik di SMAN 9 Malang yang diterima baik jalur snmptn dan jalur ujian tulis akan terus meningkat, sehingga siswa-siswi yang sedang berada di kelas X dan XI akan termotivasi untuk mengikuti jejak yang telah ditinggalkan kakak kelasnya.

kirim ke teman | versi cetak

Berita "Berita Terkini" Lainnya