ACARA PERINGATAN ISRA MIRAJ 1443 H/2022


SMita Acitya NAlar Wagadi

OUR VISION "Terwujudnya INSAN yang RELIGIUS, BerKARAKTER UNGGUL, BerBUDAYA LINGKUNGAN, dan BerDAYA SAING GLOBAL"

ACARA PERINGATAN ISRA MIRAJ 1443 H/2022

Minggu, 6 Maret 2022 11:46:03 - oleh : admin

 

Foto bersama pada acara Isra Miraj 1443 H/2022 di Masjid Al Banan SMA Negeri 9 Malang

Foto: dokumentasi BDI SMA Negeri 9 Malang


Dalam rangka Peringatan Isra Miraj Nabi Muhammad SAW 1443 H, Badan Dakwah Islam (BDI) SMAN 9 Malang yang dibina oleh bapak Sumikan,S.PdI,.M.Pd mengadakan program kerja yang rutin dilaksanakan setiap tahunnya. Program kerja tersebut ialah Tausiyah dan Sholawat dengan mengusung tema “Melalui Gebyar Peringatan Isra Miraj kita ciptakan generasi dhakiyun libashir” yang berarti cerdas mata batinnya, mempunyai akhlaqul karimah. Kegiatan yang dilaksanakan pada Jumat, 4 Maret 2022 / 1 Syaban 1443 H ini diadakan di Masjid Al-Banan SMA Negeri 9 Malang dan diikuti oleh kepala sekolah, pengawas Kementerian Agama Islam Kota Malang, penceramah, seluruh guru, panitia acara (Badan Dakwah Islam), perwakilan OSIS secara offline, serta siswa-siswi kelas X dan XI secara online melalui zoom meeting.

Acara ini diawali pembukaan oleh Dynna Aulya Faizah dari kelas XI MIPA 6 sebagai MC. Dilanjutkan dengan menyanyikan Indonesia Raya oleh seluruh peserta acara. Kemudian pembacaan ayat suci Al-Qur’an dan sari tilawah oleh Mayvita Olivia dari kelas X IPS 1 dan Ainiyya Ramadhani dari kelas XI MIPA 2. Terdapat pula penampilan shalawat Nabi Muhammad SAW oleh grup banjari SMAN 9 Malang. Selanjutnya ialah sambutan dari Ibu Kepala SMA Negeri 9 Malang, Ibu Dra. Sri Setyawati, M.Pd dan sambutan dari Pengawas Kementerian Agama Kota Malang, Ustadz Dedi Novianto, S.PdI, M.PdI.

Peringatan Isra Miraj kali ini mengundang Ustadz Dr Zaenal Arifin, M.Ag sebagai pembicara dalam mauidhoh hasanah. Dalam mauidhoh hasanahnya beliau menyampaikan beberapa poin sebagai berikut:

Waktu yang mustajab untuk berdoa:

1. Malam 1 Rajab

2. Malam Nisyfu Syaban

3. Malam Jumat

4. Malam Idul Fitri

5. Malam Idul Adha

 

Kunci sukses dunia dan akhirat:

1. Sholat

2. Sedekah

3. Taat kepada orangtua

 

Dalam menghadapi bulan Ramadhan:

1. Siapkan doa

2. Siapkan ilmu

3. Siapkan iman

 

Ada 5 perkara yang membatalkan ganjaran puasa:

1. Berkata dusta

2. Ghibah

3. Mengadu domba

4. Mengumbar sumpah palsu

5. Melihat lawan jenis dengan nafsu

 

Selanjutnya pada kesempatan tersebut, beliau juga menutup tausiyahnya dengan doa penutup. Acara diakhiri sekitar pukul 10.50 WIB dan ditutup oleh MC.

Secara keseluruhan, Alhamdulillah acara dapat berjalan dengan lancar. Walaupun terdapat beberapa kendala teknis yang sempat mengganggu jalannya acara, tetapi panitia dan guru Agama Islam dapat mengatasinya dengan baik. Sehingga dapat dijadikan evaluasi dan pembelajaran untuk program kerja mendatang.

 

 

kirim ke teman | versi cetak

Berita "Berita Terkini" Lainnya