PESANTREN RAMADHAN 1443 H/2022 SMA NEGERI 9 MALANG


SMita Acitya NAlar Wagadi

OUR VISION "Terwujudnya INSAN yang RELIGIUS, BerKARAKTER UNGGUL, BerBUDAYA LINGKUNGAN, dan BerDAYA SAING GLOBAL"

PESANTREN RAMADHAN 1443 H/2022 SMA NEGERI 9 MALANG

Selasa, 19 April 2022 10:56:05 - oleh : admin

Pembukaan Kegiatan Pesantren Ramadhan SMA Negeri 9 Malang

Foto: Dokumentasi BDI Pembina: Sumikan S.PdI, M.Pdi


Dalam rangka Bulan Ramadhan 1443 H, Badan Dakwah Islam (BDI) SMAN 9 Malang yang dibina oleh bapak Sumikan, S.PdI,.M.Pd mengadakan program kerja yang rutin dilaksanakan setiap tahunnya. Program kerja tersebut ialah Pesantren Ramadhan dengan mengusung tema Menginternalisasikan dan Mempraktikkan Ilmu Kebaikan Meraih Keberkahan di Bulan Suci Ramadhan. Kegiatan dilaksanakan pada tanggal 6 dan 7 April 2022 yang diikuti siswa-siswi Muslim kelas 10, serta tanggal 11 dan 12 April 2022 yang diikuti siswa-siswi Muslim kelas 11. Pesantren Ramadhan merupakan bentuk kegiatan keagamaan yang dilakukan saat bulan puasa yang bertujuan untuk memperbanyak pahala dan mendekatkan diri kepada Allah SWT.

Kegiatan Pesantren Ramadhan tahun ini cukup berbeda dari tahun sebelumnya. Pada tahun sebelumnya, Pesantren Ramadhan digelar secara online. Kemudian semenjak kasus COVID-19 di Kota Malang turun, SMAN 9 Malang memutuskan untuk menggelar Pesantren Ramadhan secara offline. Hal ini diharapkan agar siswa-siswi SMAN 9 Malang tetap terpantau dalam proses kegiatan Pesantren Ramadhan dengan baik. Tentunya, protokol kesehatan menjadi aturan utama yang harus ditaati oleh siswa-siswi, guru, dan karyawan. Protokol kesehatan ini tentu telah diimplementasikan dalam kegiatan ini, mulai dari pemakaian masker, pengecekan suhu, anjuran mencuci tangan sebelum memasuki ruangan, hingga menjaga jarak.  Tempat pelaksanaan kegiatan Pesantren Ramadhan ini memerlukan 6 ruangan yang bertujuan agar siswa-siswi tetap dapat menjaga jarak dan menghindari kerumunan. Ruangan tersebut ialah Aula, Masjid Al-Banaan, MAT 1, PKN 2, MAT 4, dan MAT 5.

Pesantren Ramadhan ini diisi berbagai kegiatan seperti Shalat Dhuha, membaca Asmaul Husna, khotmil Quran, sholat Dhuhur, serta kajian Islami yang diisi oleh bapak-ibu pemateri. Setiap ruangan diisi oleh satu pemateri yang mewajibkan para siswa-siswi untuk menyimak dengan baik serta membuat resume dari hasil penyampaian pemateri. Pada Pesantren Ramadhan kali ini, ditetapkan beberapa peraturan yang perlu ditaati oleh siswa-siswi Muslim SMAN 9 Malang agar kegiatan Pesantren Ramadhan tetap terkendali dengan baik.

Selain itu, siswa siswi Non Muslim juga mengadakan kegiatan keagamaan. Siswa-siswi yang beragama Kristen dan Katolik mengikuti kegiatan pondok kasih, sementara siswa-siswi yang beragama Hindu mengikuti kegiatan Dharma Pasraman

 

Kunjungi Galery Foto Kegiatan Pesantren Ramadhan: PESANTREN RAMADHAN 1443 H/2022 (sman9-mlg.sch.id)

 

 

 

kirim ke teman | versi cetak

Berita "Berita Terkini" Lainnya