DIKLAT DEWAN AMBALAN WIRAGATRA SMAN 9 MALANG


SMita Acitya NAlar Wagadi

OUR VISION "Terwujudnya INSAN yang RELIGIUS, BerKARAKTER UNGGUL, BerBUDAYA LINGKUNGAN, dan BerDAYA SAING GLOBAL"

DIKLAT DEWAN AMBALAN WIRAGATRA SMAN 9 MALANG

Sabtu, 12 November 2022 07:12:32 - oleh : admin

Baru-baru ini Dewan Ambalan Wiragatra SMA Negeri 9 Malang menjalankan program tahunannya yaitu Diklat Dewan Ambalan Wiragatra yang dilakukan berbeda dari tahun sebelumnya. Kegiatan ini dilakukan dengan 2 tahap yaitu Diklat Ruang dan Diklat Lapangan.

Diklat Ruang Dewan Ambalan WIRAGATRA yang ke - XXIX dilakukan di SMA Negeri 9 Malang  tepatnya berada di kelas XII MIPA 4 atau Lab. Bahasa yang pelaksanaannya pada tanggal 3 hingga 6 Oktober untuk diklat. Sedangkan, Diklat Lapangan Dewan Ambalan WIRAGATRA SMA Negeri 9 Malang dilakukan pada 14 hingga 15 Oktober 2022 yang bertempat di Denpom V/3 Malang di JL.Ksatrian No. 01 , Kec.Blimbing ,Kota Malang ,Jawa Timur, 65126. 

Diklat Ruangan dilakukan selama empat hari yaitu Hari Senin sampai dengan hari Kamis. Pada  hari pertama berisi cara pembukaan berupa penancapan saka Wiragatra Dewan Ambalan dan pemberian materi kepemimpinan yang diberikan oleh Kak Chusnul. Menurut Kak Chusnul kepemimpinan adalah cara mengarahkan orang atau seni yang menggerakkan orang untuk melakukan suatu tujuan, Kak Chusnul juga menjelaskan bagaimana cara untuk menjadi pemimpin yang baik. 

Di hari kedua berisi pemberian materi tentang adat dan AD / ART yang diberikan oleh Kak Desi. Menurut Kak Desi AD / ART adalah anggaran dasar atau anggaran rumah tangga yang berisi aturan atau langkah langkah yang bisa ditempuh oleh organisasi, Kak Desi menjelaskan aturan aturan dan adat yang ada di Pramuka dan Dewan Ambalan Wiragatra SMA Negeri 9 Malang.

Kegiatan Diklat Ruangan

Selanjutnya di hari ketiga berisi pemberian materi tentang manajemen administrasi yang diberikan oleh Kak Robby. Menurut Kak Robby administrasi dalam arti luas adalah pengelolaan satuan yang meliputi perencanaan, perorganisasian, pelaksanaan, dan pengendalian kegiatan kepramukaan di satuan, Kak Robby menjelaskan bagaimana cara menyusun surat dan apa saja yang diperlukan untuk administrasi di Dewan Ambalan Wiragatra SMA Negeri 9 Malang.

Di hari terakhir Diklat Ruang Dewan Ambalan berisi materi kepenegakan yang diberikan oleh Kak Aissa. Menurut Kak Aissa pramuka penegak adalah peserta didik dalam gerakan pramuka yang berusia 16-20 tahun, Kak Aissa menjelaskan tentang struktur Dewan Ambalan dan tingkatan - tingkatan pramuka penegak, lalu di lanjut dengan acara penutupan yang dipimpin oleh Kak Aissa dan  ditutup dengan pencabutan saka Wiragtra Dewan Ambalan.

Dewan Ambalan Wiragatra SMA Negeri 9 Malang lanjut untuk mengadakan kegiatan Diklat Lapangan yang dilakukan 2 hari 1 malam pada hari Jumat, 14 Oktober 2022 sampai hari Sabtu, 15 Oktober 2022 di Denpom V/3 Malang. Pada hari pertama di mulai dengan persiapan membangun tenda bagi masing-masing sangga lalu setelah semua tenda persangga telah siap dilanjutkan dengan upacara pembukaan Diklat Lapangan Dewan Ambalan SMA Negeri 9 Malang yang dipimpin oleh Robby.

Kegiatan Diklat Lapangan

Materi selanjutnya adalah PBB yang diberikan oleh para Tentara yang ada di Denpom V/3 Malang, disana peserta Diklat diberikan materi tentang baris berbaris yang benar sesuai dengan peraturan terbaru negara. Setelah diberikannya materi PBB oleh tentara di Denpom V/3 Malang, peserta Diklat diberikan materi tali menali dan pionering seperti simpul jangkar dan pangkal, lalu diajari cara membuat palang dan kaki tiga.

Dilanjutkan dengan pemberian materi tentang survival oleh Kak Bambang, Kak Bambang menjelaskan tentang bagaimana cara bertahan hidup di alam bebas yaitu dengan memanfaatkan apa yang ada di sekitar kita. Setelah itu dilanjutkan pemberian materi peta pita, di sana dijelaskan apa itu peta pita, cara membuat peta pita, dan bagaimana cara menggunakan kompas.

Di sore hari peserta Diklat melakukan jelajah sore dengan membuat peta pita dari setiap pos, dalam kegiatan jelajah sore terdapat 3 pos yang harus di cari dan tersebar di Denpom V/3 Malang, setiap pos memiliki tantangan masing-masing yang berbeda, pada pos satu diberikan soal sandi morse, pada pos kedua diberikan 5 pertanyaan tentang Dewan Ambalan Wiragatra SMA Negeri 9 Malang, pada pos ketiga berisi tantangan dimana setiap sangga harus membuat 3 simpul pionering.

Upacara api unggun dan penampilan pentas seni setiap sangga merupakan acara yang dinanti-nantikan pada malam hari. Setelah itu peserta Diklat beristirahat tidur di tenda persangga masing-masing. Keesokannya di dini hari dilakukan Kegiatan renungan malam dan pencarian badge Dewan Ambalan Wiragatra SMA Negeri 9 Malang. lalu setelah berhasil menemukan badge, para peserta Diklat melakukan upacara peresmian peserta Diklat menjadi anggota Dewan Ambalan Wiragatra SMA Negeri 9 Malang.

Suasana perkemahaan, kegiatan Api Unggun, dan Upacara Penutupan

Keesokan harinya, peserta diklat diajak melakukan senam bersama di Aula, lalu dilanjutkan dengan Kegiatan masak rimba dimana masing-masing sangga memasak bahan makanan yang mereka bawa dan memakannya bersama sama, setelah selesai makan bersama dengan teman teman persangga di Aula, peserta Diklat memainkan game-game seru yang dibina oleh Kak Aissa, game yang dimainkan sangat beragam dan melatih kerjasama antar peserta Diklat.

Diklat ditutup dengan peserta diklat menjait badge Dewan Ambalan Wiragatra SMA Negeri 9 Malang di seragam Pramuka masing-masing di tenda persangga. Setelah menjahit badge masing-masing, dilanjut dengan upacara penutupan yang dipimpin oleh Kak Cipto dan pemberian hadiah bagi sangga yang telah bekerja keras di setiap kegiatan Diklat Dewan Ambalan Wiragatra SMA Negeri 9 Malang, pengalaman yang sangat menyenangkan bagi anggota Dewan Ambalan Wiragatra SMA Negeri 9 Malang karena setelah perjuangan yang dilakukan untuk menjadi anggota Dewan Ambalan Wiragatra SMA Negeri 9 Malang akhirnya resmi terwujud dan memberikan kesan yang sangat membahagiakan bagi masing-masing anggota Dewan Ambalan Wiragatra SMA Negeri 9 Malang.

 

kirim ke teman | versi cetak

Berita "Berita Terkini" Lainnya