SISWA SMAN 9 MALANG RAIH JUARA 2 LOMBA KARYA ILMIAH TINGKAT NASIONAL


SMita Acitya NAlar Wagadi

OUR VISION "Terwujudnya INSAN yang RELIGIUS, BerKARAKTER UNGGUL, BerBUDAYA LINGKUNGAN, dan BerDAYA SAING GLOBAL"

SISWA SMAN 9 MALANG RAIH JUARA 2 LOMBA KARYA ILMIAH TINGKAT NASIONAL

Kamis, 10 Februari 2022 10:07:26 - oleh : admin

xevend

Dynna Aulya Faizah dan Nadya Putri Maharani Juara 2 Lomba Karya Ilmiah Tingkat Nasional

Pembina Karya Ilmiah Remaja: M. Khoirul Fahmi, M.Pd

Foto: Dokumen Sekolah


SMAN 9 Malang kembali mencetak prestasi gemilang di kancah nasional. Kali ini dua siswi berhasil menorehkan prestasi sebagai juara 2 Lomba Karya Ilmiah Nasional yang diselenggarakan  oleh Institut Teknologi dan Bisnis Asia Malang. Penghargaan tersebut diserahkan pada Sabtu, 05 Februari 2022. Lomba yang bertemakan “Mengenal Lebih Dekat Mengenai Revolusi Society 5.0” ini merupakan kali pertama siswi kelas XI-MIPA 6 berkolaborasi dalam mengikuti ajang perlombaan. Mereka adalah Dynna Aulya Faizah dan Nadya Putri Maharani. Dynna Aulya Faizah (yang akrab disapa Dynna) sebagai ketua menjelaskan bahwa sebelumnya ia telah berpartisipasi dalam lomba serupa yang diadakan oleh Universitas Brawijaya tahun 2021 dan berhasil meraih penghargaan makalah terbaik dengan rekannya.

Dengan mengangkat permasalahan kasus kekerasan seksual remaja yang marak dewasa ini, mereka merancang sebuah ide yang tak biasa. “XEVEND (Seven Sex Education With Dino), Inovasi Kartu Berbasis QR Code untuk Meningkatkan Kesadaran Pentingnya Pendidikan Seksual Era Milenial” merupakan judul dari karya ilmiah mereka. Nama tim mereka sendiri yaitu Unbreakable yang berarti tak dapat terpecahkan menjadi salah satu motivasi mereka untuk terus menjalin kerja sama dan kekompakan guna menciptakan ide-ide inovatif yang terbarukan.

 

xevend

Metode pembelajaran daring tak membuat semangat mereka menurun, tetapi bagi Dynna dan Nadya, justru kondisi ini bisa dimanfaatkan sebagai peluang mencari pengalaman, relasi, prestasi, dan lainnya. Dynna menjelaskan berawal dari hobi menulisnya, ia semakin tertarik mengikuti perlombaan. Hal ini membuat dirinya memiliki rasa ingin tahu yang besar, lebih peduli dengan lingkungan sekitar, dan selalu berpikir kritis.

Mereka saling bekerjasama dengan membagi tugas untuk menuntaskan karya ilmiah yang mereka buat. Dynna sendiri membuat desain 7 kartu komponen pendidikan seksualitas komprehensif, lalu Nadya membuat tampilan website yang berisikan materi pendidikan seksualitas komprehensif yang disertai dengan game dengan keunikan yang berbeda beda tiap levelnya, kerjasama yang baik dari tim tersebut akhirnya membuahkan hasil, poster karya ilmiah pun dapat di selesaikan bersama-sama.

kirim ke teman | versi cetak

Berita "Berita Terkini" Lainnya