ORIENTASI PRAMUKA PENEGAK 2022


SMita Acitya NAlar Wagadi

OUR VISION "Terwujudnya INSAN yang RELIGIUS, BerKARAKTER UNGGUL, BerBUDAYA LINGKUNGAN, dan BerDAYA SAING GLOBAL"

ORIENTASI PRAMUKA PENEGAK 2022

Selasa, 9 Agustus 2022 13:29:18 - oleh : admin

Pendidikan kepramukaan merupakan penunjang bagi pendidikan di sekolah ataupun dalam lingkungan keluarga, antara lain mengenal disiplin, keterampilan, persaudaraan, bakti terhadap masyarakat, dan pembentukan watak. Untuk mencapai tujuan tersebut maka SMA Negeri 9 Malang mengadakan kegiatan yang menarik minat untuk peserta didik khususnya bagi para Pramuka Penegak, yaitu kegiatan Orientasi Pramuka Penegak (OPP).

Pembina dan Dewan Ambalan Wiragatra.

Masa Orientasi Pramuka Penegak (OPP) merupakan kegiatan rutin yang dilaksanakan SMA Negeri 9 Malang setiap tahunnya. Diikuti oleh seluruh peserta didik baru tahun pelajaran 2022/2023 dengan panitia Dewan Ambalan Wiragatra dan pembina dari Bapak/Ibu Guru. Kegiatan ini merupakan rangkaian kegiatan yang dilaksanakan setelah Masa Pengenalan Lingkungan Sekolah (MPLS) berakhir dan dalam jangka waktu dua hari, Kamis-Jum’at, 21-22 Juli 2022. Kegiatan OPP tahun ini dilaksanakan di lapangan indoor dan AULA SMANAWA.

Upacara pembukaan kegiatan OPP 2022.

Upacara pembukaan kegiatan OPP 2022, dipimpin oleh Ibu Kepala Sekola Dra. Sri Setyawati, M.Pd. Beliau memberikan apresiasi yang baik dan berharap agar apa yang diperoleh dalam kegiatan OPP tahun ini bisa bermanfaat dalam kehidupan di lingkungan sekolah dan luar sekolah. Adapun kegiatan OPP tahun ini diisi dengan beberapa kegiatan seperti PBB, penyampaian materi, game, perkenalan Dewan Ambalan Wiragatra, dan Upacara Adat Penutupan.

Dalam kegiatan PBB yang dibimbing oleh Kak Bambang Suwarno, tidak hanya melatih peserta secara fisik, akan tetapi juga menumbuhkan rasa disiplin dan rasa kebersamaan, meningkatkan kebersamaan dan daya konsentrasi, serta melatih solidaritas dan tanggung jawab peserta. Untuk materi yang disampaikan dalam kegiatan ini meliputi: “AD/ART Gerakan Pramuka” oleh Kak Aissa Diyah, “PP Seragam Pramuka” oleh Kak Cipto Hadisiswanto, “Pola Pembinaan Pramuka Penegak” oleh Kak Desi Puspitasari, dan “Pramuka Milenial” oleh Kak Robby Zunaidi.

Penyampaian materi “AD/ART Gerakan Pramuka”.

Game Oper Tali.

Di hari terkahir, kegiatan ini diisi dengan kegiatan yang lebih menarik. Dewan Ambalan Wiragatra diperkenalkan kepada peserta didik baru. Selanjutnya diadakan game yang meliputi permainan moving, kaki seribu, oper tali, karung plastik, dan ranjau darat. Peserta OPP begitu antusias, karena setiap peserta bisa aktif dalam kegiatan ini. Selanjutnya kegiatan OPP ditutup oleh Upacara Adat Penutupan yang ditandai dengan pencabutan keris dari tunas kelapa oleh pemangku adat Dewan Ambalan Wiragatra.

Upacara Adat Penutupan

kirim ke teman | versi cetak

Berita "Berita Terkini" Lainnya