SMA NEGERI 9 MALANG GELAR MAULID NABI MUHAMMAD 1444 H/ 2022 M


SMita Acitya NAlar Wagadi

OUR VISION "Terwujudnya INSAN yang RELIGIUS, BerKARAKTER UNGGUL, BerBUDAYA LINGKUNGAN, dan BerDAYA SAING GLOBAL"

SMA NEGERI 9 MALANG GELAR MAULID NABI MUHAMMAD 1444 H/ 2022 M

Minggu, 13 November 2022 09:39:05 - oleh : admin

Dalam rangka Maulid Nabi Muhammad 1444 H, Badan Dakwah Islam (BDI) SMAN 9 Malang yang dibina oleh Bapak Sumikan, S.PdI, M.Pd mengadakan program kerja yang rutin dilaksanakan setiap tahunnya. Program kerja tersebut ialah Maulid Nabi Muhammad 1444 H dengan mengusung tema “Memetik Ketauladanan Rasululllah SAW dalam Membentuk Karakter Generasi Muda Islam.” Kegiatan ini dilaksankan pada Rabu, 19 Oktober 2022 yang diikuti siswa-siswi Muslim kelas X, XI, dan XII.

Rabiul Awal adalah bulan ketiga dalam kalender Islam, yang sering disebut dengan bulan Maulid karena bertepatan dengan bulan lahirnya Nabi Muhammad SAW. Maulid Nabi adalah bentuk kegiatan keagamaan yang bertujuan untuk lisyukri (bentuk syukur umat Muslim telah dilahirkannya Nabi Muhammad SAW), lil imdah (memuji Nabi Muhammad karena alam tidak akan tercipta jika tidak ada Nur Muhammad, thalabul ilmi (ajakan untuk mencari ilmu guna mempertebal keimanan dan akidah terhadap ajaran tauhid kepada Allah), dan lil uswah, (mempertegas keimanan bahwa Nabi Muhammad adalah suri tauladan bagi seluruh umat muslim).

 

Sambutan oleh Ibu Kepala Sekolah Dra. Sri Setyawati, M.Pd

 

Kegiatan Maulid Nabi dilaksanakan secara offline bertempat di lapangan indoor. Tentunya, protokol kesehatan menjadi aturan utama yang harus ditaati oleh siswa-siswi, guru, dan karyawan. Protokol kesehatan ini pastinya telah diimplementasikan dalam kegiatan ini, mulai dari pemakaian masker, pengecekan suhu, anjuran mencuci tangan sebelum memasuki ruangan, hingga menjaga jarak. Kegiatan ini dibuka oleh Nasywa dan Yulia sebagai MC. Kemudian dilanjutkan dengan pembacaan ayat Al-Quran dan sari tilawah. Selanjutnya diikuti oleh sambutan dari Kepala SMAN 9 Malang, Ibu Dra. Sri Setyawati, M.Pd. Untuk memeriahkan kegiatan ini, maka kelompok nasyid SMANAWA membawakan penampilan musik religi islami yang mengiringi saat kegiatan makan bersama dan breaktime. Dalam pelaksanaan rangkaian kegiatan ini dipandu oleh pengurus BDI sehingga kegiatan dapat berjalan lancar dan teratur.

 

Kelompok nasyid SMANAWA

 

Untuk tausiah Maulid disampaikan oleh Dr. H. Faris Khoirul Anam, Lc., M.H.I. Terdapat 3 poin penting yang disampaikan beliau, yaitu Keteladanan Rasulullah, Pembentukan Karakter, dan Generasi Muda Islami. Terdapat 3 model generasi muda, yaitu: (1) Gen Mindset: generasi yang memiliki pemikiran terpola/terstruktur (biasanya dari lingkungan, teman, dll), (2) Gen Mindless : generasi yang tak berakal, dan (3) Gen Mind Power: generasi yang memiliki pendirian serta pemikiran yang kuat. Kita sebagai generasi muda harus menjadi Generasi Mind Power yang memiliki pemikiran serta pendirian yang kuat.

 

Tausiah Maulid oleh Dr. H. Faris Khoirul Anam, Lc., M.H.I. 

 

Sebelum kegiatan ini ditutup, Mayvita dan Nada mengambil alih sebagai pemandu acara dalam sesi kuis. Kuis ini berisi seputar pertanyaan mengenai ceramah yang telah disampaikan serta pengetahuan umum mengenai Maulid Nabi Muhammad SAW. Tujuan diadakannya kuis ini adalah untuk mengukur tingkat pemahaman siswa-siswi, meningkatkan antusias terhadap pengetahuan seputar islam, serta meningkatkan kepercayaan diri. Penutupan acara berlangsung pada pukul 11.00 WIB. Penutupan diisi dengan doa yang diikuti oleh seluruh peserta Maulid Nabi Muhammad SAW. Setelah itu, siswa-siswi melanjutkan Kegiatan Belajar Mengajar (KBM) hingga pukul 15.00 WIB.

Sesi Kuis oleh Bapak Sumikan, S.PdI, M.Pd

Alhamdulillah, kegiatan Maulid Nabi Muhammad SAW kali ini berjalan dengan baik dan lancar walupun ada beberapa kekurangan. Namun, harapan kedepannya adalah Maulid Nabi Muhammad SAW akan terus diselenggarakan lebih baik dan menyenangkan di tahun-tahun mendatang. 

 

 

kirim ke teman | versi cetak

Berita "Berita Terkini" Lainnya