MPLS SMA Negeri 9 Malang Tahun Pelajaran 2023/2024


SMita Acitya NAlar Wagadi

OUR VISION "Terwujudnya INSAN yang RELIGIUS, BerKARAKTER UNGGUL, BerBUDAYA LINGKUNGAN, dan BerDAYA SAING GLOBAL"

MPLS SMA Negeri 9 Malang Tahun Pelajaran 2023/2024

Jum`at, 18 Agustus 2023 07:36:56 - oleh : admin

Menjelang tahun ajaran baru 2023/2024, SMA Negeri 9 Malang melaksanakan kegiatan produktif yang diselenggarakan setiap tahunnya. Salah satunya kegiatan (MPLS) yang diartikan sebagai Masa Pengenalan Lingkungan Sekolah, kegiatan tersebut diikuti oleh peserta didik baru yang diterima PPDB tahun ajaran 2023/2024. Kegiatan MPLS merupakan kegiatan pengenalan berbasis pendampingan yang dipandu oleh, beberapa bapak ibu guru beserta anggota OSIS SMA Negeri 9 Malang. MPLS merupakan kegiatan kompementatif kulikuler pembelajaran yang ditujukan kepada pemahaman dasar peserta didik dalam mengenal iklim belajar baru  dan wahana baru dalam meraih prespektif akademis melalui kegiatan pengenalan lingkungan sekolah. 

Implementasi Kurikulum Merdeka, tidak hanya terbatas kepada “Mengembangkan potensi karakter  siswa untuk mewujudkan Profil Pelajar Pancasila”. Tujuan utama dari kegiatan ini yaitu membentuk karakter peserta didik secara egaliter, dengan menghargai sesama serta cinta terhadap tanah air, selain itu esensi lain dari merdeka belajar ialah merdeka dalam berpikir, bertindak, serta berpijak sesuai dengan konsepsi dasar penguatan profil pelajar pancasila.  Dengan demikian, dengan adanya kegiatan ini diharapkan perserta didik mampu mebubuhkan motivasi belajar yang efisien dan kooperatif, yang disinergikaan dalam karakter Pelajar Pancasila, antara lain: beriman, bertakwa kepada Tuhan Yang Maha Esa, dan berahlak mulia, berkebhinekaan, bergotong royong, mandiri, bernalar kritis, dan kreatif, serta memahami dan melaksanakan PHBS (Perilaku Hidup Bersih dan Sehat) di lingkungan keluarga, sekolah dan masyarakat. 

MPLS tahun ini dilaksanakan pada dalam jangka waktu selama 3 (tiga) hari, mulai jam 07.00 – 12.00 pada tanggal 17 – 20 Juli 2023. Acara pembukaan MPLS pada tahun ini diawali dengan apel yang dipimpin oleh Ibu Kepala Sekolah, Dra. Sri Setyawati, M.Pd. Selanjutnya kegiatan MPLS diisi dengan penyampaian beberapa materi Kebijakan Kurikulum Sekolah, Implementasi Kurikulum Merdeka, Tata Tertib Sekolah, Program Kesiswaan dan Ekstrakulikuler, Wawasan wiyata mandala, Fasilitas Sarana Prasarana, pengenalan warga sekolah, serta pencegahan perundungan dan Anti Narkoba. Agar peserta didik tidak bosan, untuk kegiatan di luar kelas diadakan unjuk Bakat, dan Demo Ekstrakulikuler.

Kegiatan MPLS ini telah terlaksana dengan tertib dan lancar. Impian serta harapan bapak ibu guru SMA Negeri 9 Malang, terhadap para peserta didik baru, ialah selalu mengalirkan energi positif disekitar dan mampu mengimplentasikan aturan-aturan yang telah ditetapkan oleh pihak sekolah dan ditaati sebagaimana mestinya. Semoga kegiatan MPLS Ini semakin menarik dan menyengkan bagi peserta didik baru nantinya dalam mendalami/mengenali masa pengenalan sekolah pada kesempatan-kesempatan berikutnya.

 

kirim ke teman | versi cetak

Berita "Berita Terkini" Lainnya