PANEN KARYA PROJEK PENGUATAN PROFIL PELAJAR PANCASILA (P5) DI SMA NEGERI 9 MALANG


SMita Acitya NAlar Wagadi

OUR VISION "Terwujudnya INSAN yang RELIGIUS, BerKARAKTER UNGGUL, BerBUDAYA LINGKUNGAN, dan BerDAYA SAING GLOBAL"

PANEN KARYA PROJEK PENGUATAN PROFIL PELAJAR PANCASILA (P5) DI SMA NEGERI 9 MALANG

Jum`at, 18 Agustus 2023 07:34:56 - oleh : admin

Implementasi Kurikulum Merdeka (IKM) di SMA Negeri 9 Malang sudah mulai berjalan dengan baik.  Salah satu ciri khas atau inti dari konten kurikulum merdeka adalah pelaksanaan Projek Penguatan Profil Pelajar Pancasila (P5). Tujuan dari kegiatan P5 ialah, (a) membentuk sarana komperhensif peserta didik dengan melatih kemandirian dan kedisiplinan serta membangun sikap kreatif, Kerjasama dan Gotong Royong peserta didik yang sesuai dengan profil pelajar Pancasila, serta (b) Menumbuhkembangkan bakat dan minat peserta didik dalam bidang keseniaan dan teknologi. Panen Karya Projek Penguatan Profil Pelajar Pancasila (P5) SMA Negeri 9 dilaksanakan pada tahun pelajaran 2022/2023. Kegiatan  panen karya P5 melibatkan siswa dan siswi kelas X serta bapak Ibu guru fasilitator SMAN 9 Malang.

Tema kegiatan panen karya P5 ini adalah “Culture Of SMANAWA” , tema tersebut mengusung penciptaan olah seni yang  di susun secara kreatif oleh siswa dan pegembangan produk berbasis teknologi. Seni yang dikembangkan berupa penciptaan gerak tari bermuatan kearifan lokal yang melibatkan aspek wirogo, wiromo, dan wiroso. Aspek tersebut adalah keselarasan dalam kegiatan menari, di awali  wirogo yang diartikan teknik gerakan,  wiromo artinya irama dengan belajar menyatukan gerakan raganya dengan irama musik pengiringnya, terakhir  wiroso, artinya roso, atau perasaan.  Selanjutnya pengembangan produk berbasis teknologi didesain secara kreatif oleh bapak ibu guru fasilitator dan peserta didik, dengan mengadopi lingkungan dan teknologi  sebagai dasar perancangan dan pembuatan produk (Eco Green).

Kegiatan-kegiatan panen karya P5 kelas X SMAN 9 Malang dengan  tema “Culture Of SMANAWA”  diantaranya :

1. Pameran Poster bijak bermedia sosial.

2. Menonton Bersama film pendek bijak bermedia sosial.

3. Pentas Tari ( Hasil Penciptaan Gerak Dan Iringan Tari Bernuasa Malangan). 

4.Pameran Hasil Projek Eko Green hasil karya kelas X.3 dan X.2, serta pameran. projek 

   mapel Fisika Energi terbarukan , biodiesel dari minyak jelantah.

5.Pameran hasil Karya  dua  dimensi atau 3 dimensi (Fashion).

Pelaksanaan kegiatan Panen Karya Kelas X dilaksanakan pada tanggal 21 juni 2023 sampai 22 Juni 2023 pukul 07.00 – 15.00 WIB bertempat di Indoor dan Aula SMA Negeri 9 Malang.  Kegiatan Panen Karya Projek Penguatan Profil Pelajar Pancasila (P5) selain meningkatkan daya inovasi dan kreasi perserta didik melalui pembelajaran berbasis proyek, ternyata  Kegiatan tersebut mewujudkan  upaya pencapaian kompetensi dan karakter sesuai profil pelajar Pancasila. Kegiatan tersebut diawali dengan pembukaan oleh Ibu Dra, Sri Setywati, M.Pd selaku kepala sekolah SMAN 9 Malang. Kemudian Kegiatan panen karya P5 dihadiri oleh dihadiri oleh Bapak Aries Agung Paewai, S.STP, MM. Selaku Kepala Dinas Pendidikan Provinsi Jawa Timur.  Kegiatan  panen karya P5 dengan tema “Culture of SMANAWA” ditandai  cengan pemukulan  gong oleh Bapak Aries Agung Paewai, S.STP, MM sebagai makna simbolis dibukanya acara panen karya P5 SMAN 9 malang.  Tak lupa beliau memberikan penguatan beberapa materi penting mengenai project P5 , pendidikan karakter, dan  nilai toleransi dalam lingkungan belajar di sekolah.  kegiatan tersebut dikuti semua guru, staf tata usaha, siswa siswi SMAN 9 Malang. 

                 Setelah acara pembukaan kegiatan P5, siswa siswi kelas X menampilkan performansi “fasion show”  bermuatan kearifan lokal  dengan kreasi masing-masing. Performansi panen karya P5 dengan tema “Culture of Smanawa” yang merupakan salah satu ajang peserta didik dalam menkontruksi gagasan afeksi dalam muatan kearifan lokalitas budayanya, untuk merawat serta menjaga keutuhan budaya-budaya lokal (malangan). Selanjutnya tidak hanya penampilan fashion show yang memeriahkan acara ini, acara lainnya  diawali oleh kegiatan pameran karya poster siswa kelas X dan  nonton bersama, film pendek “Bijak dalam bermedia Sosial”  yang diikuti oleh siswa siswi SMAN 9 Malang.

Kegiatan panen karya P5 diawali dengan pameran hasil karya poster siswa dengan tema  “Bijak dalam bermedia sosial” yang memiliki arti etika dalam digital, yang berorientasikan kepada sopan santun dalam menaggapi sesuatu, mengomentari hal, dan perilaku reflektif. Pada kegitan pameran ini  setiap kelas diberi satu stand berukuran 6X6 m, dan dengan dihias sesuai kreasi kelas masing-masing stand-stand tersebut nampak indah dan menarik perhatian pengunjung. Selanjutnya hasil karya para siswa dipamerkan dalam bentuk poster di stand-stand itu. Poster tersebut  berisi kalimat-kalimat bijak yang berisi motivasi dan kata-kata mutiara berkait dengan penggunaan media sosial. Dengan membaca dan melihat poster-poster yang dipamerkan peserta didik dan pengunjung diharapkan memiliki kesadaran akan manfaat media sosial sekaligus memahami bahaya media sosial apabila disalah gunakan.

Selanjutnya setelah acara pameran poster hasil karya siswa, acara dilanjutkan oleh Pemutaran film pendek berdurasi kurang lebih 10 menit. Disamping menghasilkan poster, projeck pertama juga menghasilkan film pendek. Film pendek ini merupakan karya orginal para siswa yang berisi pesan sosial agar bijak bermedia sosial. Juga berisi upaya-upaya menghindari perundungan dan bullying. Adapun pemutaran film pendek dilaksanakan di dalam AULA SMAN 9 Malang dengan audien para siswa baik kelas X maupunkelas XI. Dari respon penonton film pendek menyiratkan pesan-pesan agarbijak bermedia sosial lebih mengena dan lebih membekas pada diri siswa.

Project kedua, eco green merupakan upaya sekolah dan fasilitator untuk menumbuh kembangkan kesadaran para siswa tentang pentingnya tumbuhan sebagai sumber oksigen. Adapun yang ditanam oleh para siswa berupa sayur-sayuran dan palawija. Satu hal yang menarik adalah diantara sekian banyak kelas dan kelompok ada satu kelas yang mencoba mengembangkan energi terbarukan, yaitu pembangkit listrik bertenaga air. Alat karya siswa tersebugt juga diikutkan lomba inovasi tingkat SMA/SMK sekota Malang dan berhasil meraih juara tiga Mengingat banyak variable yang mempengaruhi proses dan keberhasilan projeck kedua eco green seperti lahan yang cukup, pencahayaan, angin dan curah hujan maka Sebagian besar projeck kedua ini boleh dikatakan kurang berhasil.

Project ketiga ini merupakan pilihan yang sangat tepat, hal ini dibuktikan oleh antusiasme para siswa dalam mencipta gerak tari, berlatih dan pada saat pagelaran. Dengan penuh semangat mereka berdiskusi, berkreasi dan berlatih dibawah bimbingan para fasilitator P5. Demikian pula pada saat gladi kotor dan gladi bersih sebelum mereka mengadakan pagelaran. Juga dari kekompakan gerak, kostum dan musik pengiringnya semua terpadu rapi sehingga menghasilnya harmoni yang enak untuk dinikmati. Puncaknya, para pemirsa secara spontan memberi aplous kepada setiap kelompok/kelas yang selasai pentas pada hari H panen karya projeck P5. Selain mencipta tari setiap perwakilan siswa tiap kelas juga mempraktikan fashion show dengan menerapkan esensial dari budaya-budaya-budaya lokal.     

kirim ke teman | versi cetak

Berita "Berita Terkini" Lainnya